
Summary class activity

- Rumusan masalah : Apakah kebisingan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan ayam.
- Variabel bebas : kebisingan (perlakuan yang diberikan/hal yang mempengaruhi hasil percobaan dan diatur atau dikendalikan)
- Variable terikat : jumlah telur (hasil percobaan/hal yang dipengaruhi oleh variable bebas)
- Hipotesis : jika tingkat kebisingan tinggi, jumlah telur yang dihasilkan ayam rendah. Atau
Tidak ada pengaruh kebisingan terhadap jumlah telur yang dihasilkan ayam. Atau
Variable adalah segala sesuatu yang mempengaruhi dan dipengaruhi! Hipotesis disusun berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Hipotesis merupakan “jawaban sementara” dari masalah yang kita rumuskan karena masih bersifat dugan, hipotesis bias saja salah (hasil percobaan tidak sesuai dengan hipotesis). Its no problem! Namun bukan berarti dalam membuat hipotesis kita bias asal-asalan lho? I suggest to read the books before make hipotesis. Sedangkan rumusan masalah itu sendiri baru dapat dibuat setelah kita menentukan variable-variabelnya. So! How the methods to make research problem? You can use with three method, likes:
Ø Menganalisis hasil penelitian orang lain/read the resources
Ø Melakukan studi pendahuluan/observation
Ø Menggabungkan kedua cara diatas
Its so easy. I believe you can do that, right?. Just try and try very strongly.
And than, the next step to research is melakukan pengamatan dan mengumpulkan data. Melalui pengamatan kita dapat memperoleh informasi sebanyak-banyaknya. Remember about observation the fruits, leafs, grass, insecta and another in the classroom. We know about their characteristic, different between sample/specimen and the same of sample. Informasi yang terkumpul melalui obeservasi atau research disebut DATA. Data yang terkumpul bias menunjang hipotesis bias juga menolak hipotesis. Please you read again from the first page. Any question? Its clear? Please deh dicoba membuat judul penelitian, lalu tentukan rumusan masalah, hipotesa, variable bebas dan variable terikat.
Data ada dua, yaitu data kualitatif jika terkumpul melalui observasi menggunakan alat indera maupun bantuan mikroskop, foto, film etc, berupa warna, bau/aroma, tekstur dan rasa. Jika data terkumpul melalui hasil pengukuran (misal; berat (kg), tinggi (cm) etc) menggunakan alat ukur dan dinyatakan dalam angka maka disebut data kuantitatif.
Jika data sudah terkumpul lalu kita dapat mengelompokkan dan menyajikan data dalam bentuk table. Kemudian diolah lebih lanjut dan ditafsirkan sehingga lebih mudah dipahami, bisa dalam diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran, kita juga akan mudah membuat kesimpulan. Hemmm ! its so esay mam.
Laporan ilmiah umumnya memuat unsur-unsur berikut:
No | Hal | Isi |
1. | Judul | Kata-kata singkat dan padat yang menggambarkan isi laporan |
2. | Kata pengantar | Tujuan penulisan dan ucapan terima kasih |
3. | Daftar isi | Gambaran isi buku melalui judul bab dan subbab |
4. | Pendahuluan | Masalah, ruang lingkup, alasan dan tujuan penulisan |
5. | Bahan dan metode | Alat, bahan dan langkah kerja secara detail |
6. | Hasil dan pembahasan | Hasil penelitian berupa data dan fakta, penafsiran hasil penelitian, analisis, perbandingan dengan penelitian lain yang sejenis atau berhubungan |
7. | Kesimpulan | |
8. | Ringkasan | Uraian singkat tentang keseluruhan penelitian |
9. | Daftar pustaka | Buku, artikel, jurnal, laporan hasil penelitian yang dijadikan acuan selama penelitian |
10. | Lampiran | tabel atau informasi pendukung lainnya |
Daftar pustaka:
Diah, dkk. 2004. Biologi SMA untuk Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta .
Basicly, to arranged scientific report you expand your capability in scientific, likes:
1. membedakan antara fakta dan opini
2. berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi
3. meningkatkan kepedulian lingkungan
4. berpendapat secara ilmiah dan kritis
5. berani mengusulkan perbaikan dan bertanggng jawab terhadap usulan tersebut
6. bekerja sama
7. jujur terhadap fakta
8. disiplin dan tekun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar